Cobalah! Tips Merawat Cold Storage Agar Mampu Bertahan Lama

Bagi para pengusaha dengan skala besar tentu keberadaan cold storage ini memang sangat diperlukan khususnya di bidang makanan. Dengan adanya mesin pendingin ini tentu makanan berupa ikan, daging dan yang lainnya akan tetap aman. Jika tanpa adanya mesin ini tentu berbagai makanan tersebut akan membusuk ketika akan dijual di hari berikutnya.

Untuk itu, perawatan pada cold storage ini adalah suatu kewajiban yang tidak boleh disepelekan. Dikatakan demikian karena kesalahan sedikit saja bisa membuat mesin ini rusak dan tidak bisa digunakan. Jika sudah demikian tentu perlu biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengembalikan mesin tersebut ke fungsi yang normal. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cold storage ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pengecekan Komponen Mesin

Mengingat fungsinya yang sangat penting tentu kamu sesering mungkin perlu melakukan pengecekan secara berkala. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan penjadwalan untuk pengecekan ini. Dengan cara seperti ini tentu kamu bisa lebih intens untuk melihat berbagai komponen yang ada pada mesin tersebut.

Bentuk pengecekan ini tentu bisa dilihat dari beberapa komponen seperti kabel, tegangan listrik dan yang lainnya. Pengecekan yang terlambat tentu akan mampu membuat biaya pembayaran listrik menjadi mahal. Sehingga, jika ada kerusakan maka harus segera diganti pada bagian tersebut akan kerusakan ini tidak menyebabkan komponen lainnya rusak.

Membersihkan Evaporator

Hal penting lainnya dalam proses perawatan ini adalah dengan membersihkan evaporator. Membesihkan bagian ini menjadi penting ini komponen ini yang menguapkan erfigeran pada pipa dan juga menguapkannnya. Untuk proses pembersihkannya pun sangat sederhana yaitu harus menyikat bagian tersebut dengan sikat atau kuat.

Sedangkan untuk bunga es ini tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana untuk membersihkannya jangan asal membersihkan. Untuk bunga es ini dapat dilakukan dengan mematikan mesin sehingga bunga es tersebut akan mencair dengan sendirinya. Jadi kamu harus menghindari untuk memukul bunga es tersebut dengan benda keras. Hal seperti ini akan membuat mesin bisa cepat rusak dan tidak akan bertahana lama.

Pembersihkan Kondensator

Salah alat penting pada cold storage ini adalah dengan melakukan proses pembersihkan kondensator secara berkala. Komponen ini menjadi sangat penting karena mampu menurunkan temperatur refrigeran sehingga bunga es yang ada akan menjadi cair. Dengan cara seperti ini tentu mesin akan kembali berjalan normal dan mampu memberikan manfaat pada usaha kamu.

Untuk proses pembersihannya bisa dilakukan dengan menyikat bagian tersebut dengan sikat atau kuas tertentu. Sedangkan untuk motor fannya bisa dibersihkan dengan cara diberikan pelumas secara berkala. Dengan adanya pelumas ini tentu akan membuat motor tersebut tidak mengalami kendala saat dioperasikan.

Pengecekan Freon

Tidak hanya mobil mewah yang ada perawatan freon tetapi cold storage juga harus selalu di cek bagian freon ini. Bagian satu ini menjadi sangat penting karena tekanannya tidak boleh terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Jika hal ini terjadi maka proses pengorasian pada mesin akan terhambat dan tidak akan berjalan normal. Dengan itu, jika ada beberapa indikasi tersebut maka harus segera dibenahi agar mesin berjalan normal.

Itulah beberapa hal terkait perawatan pada cold storage yang harus kamu ketahui lebih dalam. Jika kamu merasa memiliki usaha yang besar dan butuh alat ini maka bisa sangat melakukan sewa cold storage Jakarta. Dengan cara seperti ini tentu akan lebih menghemat biaya karena kamu tidak perlu lagi memikirkan perawatan dan hal lainnya pada mesin tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *